Apa itu kaviar buatan?

Apa itu kaviar buatan?


Tujuhari.com - Mungkin menarik untuk Anda ketahui bahwa banyak negara yang sudah mulai memproduksi kaviar, namun kaviar ini tidak didapatkan dari ikan kaviar. Kaviar jenis ini disebut kaviar buatan yang kualitas dan khasiatnya tidak bisa dibandingkan dengan kaviar asli. Dalam beberapa tahun terakhir, produksi kaviar buatan sedang booming di Spanyol, Rusia dan Jepang, bahkan produk ini mirip dengan kaviar ikan sturgeon. Kaviar ini dihasilkan dari salmon beku dan telur herring.


Dalam teknologi pembuatan kaviar buatan, semua telur dibuat menjadi pasta dan setelah ditambahkan gelatin ke dalamnya dan disesuaikan konsistensinya, dibuat menjadi tetesan berbentuk bola yang menyerap dan berubah menjadi agar-agar. Terakhir, alat yang bekerja dengan sinar infra merah digunakan dan perawatan dilakukan dalam air garam yang dibumbui dengan kaviar.
 

Pertanyaan ini muncul untuk Anda, apa itu kaviar buatan?

Kaviar tiruan dikeringkan sesuai dengan karakteristiknya, kemudian dilakukan pengemasan dan pasteurisasi.Hasil survei menunjukkan bahwa kaviar buatan sama sekali berbeda dengan kaviar alami dalam hal kualitas dan tidak memiliki nilai gizi.


Dari segi granulasi, tidak seperti kaviar alami yang berbentuk lonjong atau bulat, kaviar sintetis memiliki bentuk yang beraneka ragam dan berbentuk massa agar-agar.
Perlu dicatat bahwa banyak kaviar yang tersedia di pasar Iran, yang dijual dengan nama kaviar Rusia atau Azerbaijan dengan harga murah, kemungkinan besar adalah kaviar sintetis.


Pelanggan asing membeli kaviar Iran puluhan kali lipat harga kaviar budidaya dari negara lain, tetapi dalam beberapa tahun terakhir, kedatangan kaviar palsu di pasar Iran telah menyebabkan beberapa pembeli asing melihat pengiriman yang dikirim dari Iran dengan ragu. . Kaviar palsu, yang harganya sekitar seperlima belas harga kaviar asli, telah sangat mengancam kredibilitas kaviar yang diproduksi di Iran.


Kaviar palsu dibuat dari sejenis pasta dan didistribusikan di pasaran dengan warna, jeli, dan rasa, bukan kaviar asli. Produk ini tidak diperoleh dari perut ikan sturgeon dan telurnya, serta tidak memiliki banyak khasiat terapeutik dan nutrisi kaviar.


Terlepas dari kenyataan bahwa produksi kaviar Iran telah menghadapi resesi yang parah dalam 20 tahun terakhir, kehadiran kaviar buatan jenis ini di pasar Iran tidak hanya meningkatkan resesi ini, tetapi juga merusak kredibilitas kaviar Iran di pasar internasional. .

Tahukah orang-orang apa itu kaviar buatan dalam beberapa dekade terakhir?

Pada tahun 60-an, sekitar 200 ton kaviar diperoleh di negara tersebut setiap tahunnya, namun kini jumlah tersebut menurun menjadi 10 ton per tahun. Reproduksi ikan sturgeon juga banyak menurun selama periode ini.


Dalam beberapa dekade terakhir, 3% bayi sturgeon akan berubah menjadi dewasa dan siap memanen kaviar, tetapi sekarang tingkat pengembalian ini telah mencapai 0,01%. Pencemaran sungai yang dilalui ikan sturgeon menyebabkan reproduksi ikan sturgeon menurun hingga 300 kali lipat.
Sekitar 90% kaviar dunia diperoleh dari sturgeon laut Kaspia, dan Iran menghasilkan 45% dari jumlah ini. Kaviar hitam Iran 20 kali lebih mahal daripada kaviar dari negara lain karena diperoleh dari ikan gratis.


Dapat dikatakan bahwa setiap kilo kaviar yang diproduksi di Iran memiliki nilai ekonomi sekitar 30 hingga 40 barel minyak Iran dan dianggap sebagai kapasitas ekspor yang signifikan.
Setengah dari kaviar negara diproduksi di provinsi Golestan, Golestan memiliki 3 pusat pemrosesan ikan sturgeon yang dikenal memenuhi standar Uni Eropa. Namun, provinsi ini telah menjauh dari tahun-tahun emas produksi kaviar.


Menurut Dirjen Perikanan Golestan, pada tahun 1351 diperoleh 120 ton kaviar setiap tahunnya di provinsi ini, namun kini produksi kaviar di Golestan sudah mencapai 3,6 ton, dari awal tahun hingga akhir September tahun ini saja. Produksi kaviar di Golestan mencapai 650 kilogram. Golestan telah terkumpul sebanyak produksi kaviar pada periode yang sama tahun lalu. Penangkapan ikan ilegal dan berlebihan, penyelundupan, pembangunan bendungan dan jembatan di sungai, perusakan tempat pemijahan, dan pencemaran lingkungan telah mempengaruhi ikan sturgeon Iran, yang dijuluki "fosil hidup" Laut Kaspia dengan sejarah 250 juta tahun. telah menghadapi ancaman kepunahan. Komandan Unit Perlindungan Sumber Daya Perairan Iran mengatakan: "Di provinsi Golestan, penyelundup pergi ke perbatasan laut negara tetangga dengan kapal cepat, mereka membeli kaviar dengan sangat murah dan mengarahkannya ke pasar domestik melalui perbatasan bawah tanah. Akibat lemahnya penanganan agen illegal fishing dan penyelundup, jumlah ikan sturgeon di Laut Kaspia sudah mencapai batas krisis. Dia menambahkan: "Menurut penelitian Institut Penelitian Perikanan Iran, jika situasi saat ini berlanjut, pada tahun 1400 tidak akan ada jejak kaviar dan ikan putih yang tersisa."


Menurut komandan Unit Perlindungan Sumber Daya Perairan, tangkapan setiap sturgeon membawa 50 juta Toman ke penyelundup, tetapi merugikan negara sebesar 50 miliar Toman.Non-penjualan sturgeon adalah alasan lain melemahnya produksi kaviar Iran . Perwakilan rakyat Gorgan di parlemen mengumumkan bahwa karena protokol yang telah ditandatangani Iran dengan negara lain di tepi Laut Kaspia, ekspor kaviar alami dilarang di negara-negara tersebut. Menurut anggota parlemen ini, 4,5 ton kaviar senilai 12 juta euro tetap berada di gudang karena alasan itu. Dalam percakapan dengan Hamshahri, Naseri menambahkan: "Kementerian Jihad dan Pertanian belum menyerahkan laporan kepada parlemen tentang kaviar yang disimpan.


Tapi kaviar buatan bisa ditemukan melimpah di pasaran.


Apakah Anda tahu apa itu kaviar buatan?

 Protokol larangan ekspor telah ditandatangani tanpa menciptakan infrastruktur apa pun untuk kaviar budidaya Iran. Tentu saja pusat penangkaran sturgeon kecil telah didirikan di provinsi seperti Qom atau Mazandaran, namun belum sampai pada tahap produksi massal. Kesepakatan prinsip untuk membangun pusat penangkaran sturgeon terbesar di Golestan juga telah ditandatangani, namun belum ada pekerjaan implementasi yang dilakukan. Dia menambahkan: "Jika pusat-pusat ini juga disiapkan, akan memakan waktu 10 tahun untuk ikan sturgeon menjadi dewasa. Sementara negara-negara di dekat Laut Kaspia kini memiliki kaviar siap pakai dan telah mengambil alih pasar. "Ketika kami menandatangani protokol bertahun-tahun yang lalu, kami seharusnya berpikir untuk membiakkan ikan sturgeon." Namun, manajer administrasi kaviar provinsi Golestan mengatakan dalam percakapan dengan Hamshahri: "Lisensi ekspor kaviar tahun 2010 dikeluarkan oleh perusahaan induk yang berspesialisasi dalam produk pertanian, peternakan, dan sumber daya alam, dan kami tidak memiliki masalah dengan ini." 


"Di provinsi Golestan hingga September tahun ini, kaviar diproduksi sebanyak tahun lalu, tetapi tidak mungkin memprediksi berapa banyak kaviar yang akan dipanen pada akhir tahun." Di provinsi Golestan, lebih dari 300 nelayan sturgeon bekerja, dan sekarang mereka melihat prospek karir mereka dengan mata cemas. Di satu sisi, penelitian di Teluk Gorgan yang merupakan tempat pemijahan ikan sturgeon menunjukkan bahwa reproduksi ikan sangat rendah akhir-akhir ini, sehingga didirikan International Sturgeon Research Institute pada tahun 1976 untuk melindungi sturgeon. Saat itu, bahaya kepunahan begitu dekat sehingga pejabat Institut Penelitian Perikanan Iran berpikir untuk membuat bank gen, sperma, dan DNA ikan sturgeon. Sebaliknya, para nelayan yang bekerja siang malam mendapatkan kaviar secara legal.

Apa itu kaviar buatan?

Selain kaviar buatan yang tersedia di pasaran, mereka masih mengincar kaviar palsu kemasan 100 gram yang dijual di pasaran.
Mereka memandangi sungai-sungai yang dulunya merupakan tempat pemijahan ikan sturgeon dan kini berubah menjadi tempat pembuangan sampah, dan setiap hari mereka menjumpai para nelayan yang menangkap ikan sturgeon secara ilegal dari laut.
Pada akhirnya perlu disebutkan bahwa untuk membeli kaviar Laut Kaspia yang asli, kita harus membeli dari pusat yang terpercaya dan berlisensi resmi agar tidak membeli kaviar palsu atau kaviar sintetis daripada kaviar asli.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url