Grimes

  • Whatsapp

Claire Elise Boucher (lahir 17 Maret 1988), lebih dikenal dengan persona panggung dan karakter Grimes,adalah seorang penyanyi Kanada, penulis lagu, musisi, produser, artis dan sutradara video musik. Lahir dan dibesarkan di Vancouver, ia pertama kali terlibat dengan adegan musik bawah tanah dan mulai merekam musik eksperimentalnya sendiri saat menghadiri McGill University di Montréal.

Boucher lahir dan dibesarkan di Vancouver, British Columbia[2]. Dia berasal dari Québécois, keturunan Ukraina dan Rusia[3]. Dia lulus dari Lord Byng Secondary School dan belajar balet selama 11 tahun. Pada usia 18, ia pindah ke Montréal, Quebec untuk menghadiri Montréal’s McGill University untuk belajar ilmu saraf. Selama studinya, ia mulai merekam dan tampil dengan nama Grimes, mengambil nama dari musik kotoran setelah menemukan keberadaan genre di MySpace. Namun, ketika Grimes menjadi usaha yang lebih serius baginya, dia mulai melewatkan sejumlah besar kelas, dan mulai hanya menghadiri ujian, sehingga universitas mengambil tindakan hukuman terhadapnya dan akhirnya mengusirnya. Di Montréal ia mulai mengadakan konser dengan teman-temannya di Lab Synthèse, ruang pertunjukan yang mereka mulai, yang terletak di sebuah pabrik tekstil yang ditinggalkan yang Arbutus Records berevolusi dari[ 9]. Dua lagunya dirilis (dengan nama aslinya, Claire Boucher) pada Arbutus Records ‘Spring 2009 Sampler. Karir 2009-13: Geidi Primes, Halfaxa, Visi

Album debut Grimes, Geidi Primes, dirilis pada kaset pada tahun 2010 melalui Arbutus Records. Kemudian pada tahun 2010, Grimes merilis album keduanya, Halfaxa, juga melalui Arbutus. Pada tahun 2011, Grimes merilis split 12 “dengan d’Eon disebut Darkbloom. Nama rekamannya awalnya diklaim sebagai referensi untuk Ken Grimes, seorang seniman luar yang terkenal karena gambar alien. Namun, pada bulan Desember 2014 dia mengungkapkan di Twitter bahwa asal usul namanya adalah dari daftar musiknya di MySpace dalam genre kotoran beberapa kali, meskipun dia tidak tahu apa itu musik Grime pada saat itu. Pada bulan Mei 2011 ia dibuka untuk Lykke Li di Tur Amerika Utara,dan Agustus berikutnya album debutnya dirilis ulang melalui No Pain in Pop Records, dalam format CD dan vinyl untuk pertama kalinya. Juga pada tahun 2011, ia membuat penampilan di single Majical Cloudz Dream World dan berkolaborasi dengan DJ / produser Blood Diamonds.

Dia menandatangani kontrak dengan label rekaman 4AD pada Januari 2012. Album studio solo ketiganya Visions dirilis pada 31 Januari di Kanada melalui Arbutus, saat dirilis di tempat lain melalui 4AD dua bulan berikutnya. Visi menerima pujian kritis dari kritikus musik dan muncul di berbagai daftar akhir tahun publikasi musik. NME memasukkannya dalam daftar 500 Album Terbaik Sepanjang Masa mereka pada tahun 2013. Single promosi album, Oblivion, juga mendapat pujian tambahan. Pitchfork Media menempatkan Oblivion nomor satu di 200 Lagu Terbaik Dekade Ini Sejauh ini pada tahun 2014, sementara NME memasukkannya ke dalam daftar 500 Lagu Terbaik Sepanjang Masa mereka. Grimes merekam album dalam isolasi diperpanjang di rumah di Montreal, dan menggambarkan proses penulisannya sebagai “sama menyenangkan dan berliku-liku”. Dia merasa bahwa kesulitannya berkontribusi pada keberhasilannya[20]. Grimes menggambarkan kondisi komposisinya sebagai menghitamkan jendelanya, mengambil amfetamin, dan tetap terjaga selama tiga minggu tanpa makan. Dia menambahkan bahwa dia tidak bisa membuat musik di siang hari. Grimes kemudian mengklarifikasi bahwa dia “membenci” obat-obatan keras dan dampaknya pada teman-temannya, dan tidak ingin dikaitkan dengan penggunaannya.

Pada bulan April 2013, Grimes memposting pernyataan tertulis yang membahas pengalamannya sebagai musisi wanita di industri yang penuh dengan seksisme dan menyatakan kekecewaannya bahwa sikap feminisnya sering ditafsirkan sebagai anti-laki-laki. Pada tanggal 17 Desember 2013, Grimes memposting ke Tumblr-nya bahwa ia telah menandatangani kontrak dengan perusahaan manajemen Jay-Z Roc Nation, sementara masih menandatangani kontrak dengan 4AD.2014-present: Go, album yang dibatalkan, Art Angels

Pada tanggal 26 Juni 2014, Grimes perdana lagu barunya Go, menampilkan Blood Diamonds dan diduga ditulis untuk Barbadian artis rekaman Rihanna, di Zane Lowe Radio 1 menunjukkan dan diunggah ke halaman soundcloud resmi dan situs web untuk download gratis, menampilkan suara baru untuk dirinya sendiri saat ia masih bekerja pada album studio solo keempatnya. Pada tanggal 21 Agustus, Grimes memposting teaser untuk video musik, disutradarai oleh dia dan kakaknya Mac Boucher. Meskipun menerima ulasan umumnya positif dari kritikus musik, itu memiliki reaksi polarisasi dari penggemar karena keberangkatannya dari suara sebelumnya. Rolling Stone menempatkannya di peringkat empat belas dalam daftar Lagu Terbaik 2014 mereka, menyebutnya “halusinasi klub di suatu tempat antara Rihanna dan Skrillex, dinyanyikan dengan keinginan rakus yang semuanya miliknya sendiri”.

Dia akhirnya membatalkan seluruh album yang telah dia rekam dan meskipun ada laporan awal yang mengklaim bahwa pembatalan itu karena reaksi negatif terhadap Go, Grimes kemudian mengklarifikasi bahwa album itu “terlalu menyedihkan” dan “tidak ingin tur untuk itu”, menambahkan bahwa “reaksi orang tidak menjadi faktor dalam pilihan [nya]” dan bahwa Go tidak pernah dimaksudkan untuk berada di album yang dibatalkan. Dia menyimpulkan komentarnya dengan mengatakan bahwa album ini mungkin akan dirilis suatu hari nanti secara gratis. Pada tanggal 8 Maret 2015, ia merilis video self-directed untuk demo dari album ditinggalkan, REALiTi, yang menerima pujian kritis dari kritikus musik, yang bernama Best New Music oleh Jenn Pelly dari Pitchfork,menyebutnya “lagu Grimes baru terbaik sejak Visions”.

Pada tanggal 15 Maret 2015, Grimes melakukan vokal utama pada lagu baru oleh band pop indie Bleachers, Entropy, untuk acara TV HBO Girls. Pada tanggal 24 Mei 2015, Grimes mengumumkan melalui serangkaian Tweet kepada para penggemarnya bahwa albumnya yang akan datang akan “mengejutkan” yang dirilis sekitar bulan Oktober. Dia juga mengatakan itu “mungkin akan disertai dengan dua rilis single simultan dengan tanggal yang tidak ditentukan” dan bahwa “album akan menjadi keberangkatan dari single sebelumnya Go dan REALiTi”, dan telah direkam menggunakan “instrumen nyata”. Pada musim panas 2015, Grimes melakukan tur dengan Lana Del Rey untuk beberapa tanggal tur Endless Summer-nya. Grimes membawa HANA dalam tur ini untuk tampil bersamanya.

Memposting sampul albumnya yang akan datang, Art Angels melalui Instagram pada 20 Oktober 2015, Grimes berkomentar, “Art Angels: sampul album. Musik dan video minggu depan. Karya seni oleh Grimes”[32]. Pada tanggal 26 Oktober 2015, ia merilis single utama dari album, Flesh without Blood, disertai dengan video musik ganda yang juga menampilkan lagu Life in the Vivid Dream. Tak lama setelah itu, SCREAM dirilis sebagai single kedua dari album. Setelah rilis November, album ini menerima ulasan bintang, mengumpulkan rating 88 (dari 100) di Metacritic. [34]

Pada tanggal 12 Januari 2016, Grimes mengumumkan dia akan membuka untuk Florence + The Machine pada tur Amerika mereka, yang disebut Tur How Beautiful yang akan berlangsung selama Musim Semi / Musim Panas tahun yang sama.

Video musik untuk single promosi kedua dari Art Angels, Kill V. Maim, dirilis pada 19 Januari. Sebuah video musik untuk California, single promosi ketiga, diikuti pada 9 Mei 2016.

Musik Grimes bervariasi, termasuk campuran eklektik gaya yang dia sendiri gambarkan sebagai “ADD musik”, itu sering bergeser dan dramatis – “Saya sering mengalami fase”[35]. Karyanya telah disamakan dengan berbagai seniman, termasuk Björk, Siouxsie Sioux dan Enya, dan dia digambarkan oleh Tastemakers Magazine sebagai “anak cinta alien dari Aphex Twin dan ABBA”. The Guardian meringkas gaya musiknya sebagai “terdengar sedikit seperti semua yang pernah Anda dengar, seluruhnya terdengar seperti tidak ada yang pernah Anda dengar”. Musiknya telah bereksperimen dengan unsur-unsur pop seni, synthpop, witch house, baroque pop, dream pop, ambient, electro-R&B dan dark wave.

Grimes mengutip musisi berikut sebagai pengaruh: Marilyn Manson, Christina Aguilera, Skinny Puppy, Nine Inch Nails, Cocteau Twins, How to Dress Well, Swans, Dizzee Rascal, Dandi Wind, Beyonce, Mariah Carey, Enya, TLC, Aphex Twin, Outkast, Jedi Mind Tricks, Dungeon Family, Drake dan Lana Del Rey, serta K-pop, musik abad pertengahan dan seniman industri. Dia juga menganggap penyanyi dan rapper Los Angeles Brooke Candy “muse yang sangat kontemporer”. Seni

Grimes menciptakan seni album untuk beberapa album terakhirnya. Seninya dipengaruhi oleh anime Jepang, manga, dan seniman komik seperti Charles Burns dan Daniel Clowes. “Bahkan, Boucher baru mulai mengembangkan teknik seni rupanya karena dia ingin meniru gaya menggambar anime dan manga seperti seri Sailor Moon yang menjadi populer di Amerika Serikat pada tahun 90-an. Kehidupan pribadi

  • Whatsapp

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *